Minggu, 30 Desember 2007

pengembangan sawahlunto sebagai kota wisata tambang

dibuat tanggal 23 des..

pas tanggal 17 des,ada acara seminar mengenai "PERKEMBANGAN KOTA WISATA TAMBANG KOTA SAWAHLUNTO"

gua dari pagi hari mesti harus ada di kampus.cuz seminar diadain di saahlunto.kira" dua jam setengah perjalan dari padang.so,cabutlah gua ke kampus pagi" banget.rencana mau bawa mobil,titip tempat rena sepupu gua yang kosnya deket ama kampus.tapi pas gua periksa ban,ee...ban depannya malah bocor..

jadilah gua naek ankot ke kampus...

Tuhan baik ke gua,jadi waktu gua nyampek,ga telat.tapi,gua malah ga bawa almamater!*dosennya ga bilang si musti bawa almamater...kesel gua*tapi,Tuhan nolongin gua lagi,buk dosen punya cadangan almamater di jurusan.en temen gua minjem alamamater ama anak kosnya..

maka jadilah kita berangkat ke sawahlunto pake bus...gua ga tau tu bus kampus,atau bus pariwisata..pokoknya gitu de...

selama perjalanan..umm...ga ada yang menarik sebenarnya,,,tapi berhubung semuanya gratis PP,jadi gua berusaha aja menikmati pemandangan yang...udah biasa gua liat*hutan,rumah,orang,mobil,motor,bis,jalan*

tiba" ada tukang jualan gorengan muncul pas dalam perjalanan..pengen beli,tapi gua males keluar duit.en kali ini Tuhan baik lagi ke gua,ibuk dosen bayarin gorengan.kesempatan gua lah mengambil 3 bungkus...hehehehe...tapi gua bagi dua ama temen gua kok...

sampe lah akhirnya gua ke sawahlunto.asik juga kotanya.banyak bangunan lama..bangunan peninggalan belanda waktu datang ngejajah bangsa..

kalo gua pikir" harusnya kita bersyukur juga dijajah ama belanda,,gara" kepintarannya yang ngebodoh"in kita,kakek" kita jadi tau cara buat jalan raya atau rel kereta api,atau tau kalo di sawahlunto itu kita punya sumber daya alam batu bara..andai kita pintarnya sama dengan orang belanda,mungkin kita bisa buat kota sendiri dengan ciri khas bangunan sendiri,malah kebalik mungkin kita bisa ngejajah belanda?kita peras mereka buatin keju banyak" biar orang indonesia jadi gede" en ga kurus" karna kurang gizi?

lanjut,akhirnya seminar dimulai.awalnya perkenalan narasumber.cewe,tapi dia udah keliling dunia,tiap bentar beliau pindah" negara.gila!asik banget tu orang.ampe beliau susah bahasa indonesia karna kebanyakan di luar negri kali yee??

trus break,kita disuguhin minum tea or coffe plus snack..

trus ganti narasumber..ibuk" lagi.beliau banyak cerita analisisnya tentang kota sawahlunto...

break lagi,kita maem siang..ganti narasumber lagi,en sumpah!gua sama sekali ga ngerti dia ngomong apa..cepat,ga jelas,en kayaknya penjelasanya cuma buat dia ngerti sendiri aja.akhirnya gua ga nangkep apa yang dibilangnya...

breack again,tea or coffe plus snack again...

masuk narasumber keempat,beliau dosen biologi di unand.beliau menyampaikan presentasinya enak banget.kalo sebelumnya gua ngantuk" denger orang yang ga jelas itu,sekarang mata gua asik banget!beliau lumayan kocak en suara guede banget.jadi ga ada kenyamanan buat ngantuk"an...

seminar selesai,kita jalan" ke kota itu bentar.masuk ke lubang tempat penggalian batu bara.kayaknya tu lubang sekarang di pake buat plumbingannya tata kota de...hbz berair gitu,,trus ada pipa" gitu..karna keadaan agak gelap,mata gua rabun.jadi gua lambat banget jalan.ampe" gua ditinggalin temen" gua.yang akhirnya gua ditemenin ama junior" gua (roby,vansaron,irsad,ama hary)

habis dari lubang,kita ke "museum goedang ransoem".konon dulu katanya,tu gudang tempat masak sentral buat para buruh yang kerja di kota itu.pas masuk,gua ngeliat perkakas masaknya.Ya Ampiun....guede" banget kualinya..sendok buat ngaduknya gede..trus ada alat buat kerja tambang,ada pakaian masak ama kerja juga,macem" de...en sekali lagi gua ditemenin ama junior" gua secara temen" gua pada duluan jalannya.*makasi junior"...kalian setia menemaniku dalam kesendirianku...hikz..hikz...jadi terharu*

setelah itu kita pulang lagi ke padang.udah sore..gua ga tau jam berapa.yang pasti gua nyampe rumah udah jam 9.10 malam...capek!tapi nyenengin..kapan ya jalan" lagi???udah dapet ilmu,dapet jalan",dapet akrab ama junior,dapet makan,GRATIS PULA!!hehehehehe....

oh.....i'm waiting that day again...

Tidak ada komentar: